Jumat, 03 Januari 2014

Cara Membuat Software Portable, Tutorial Singkat dan Mudah





Banyaknya kebutuhan penggunaan software dalam kehidupan membuat kita ingin mengakses dan menggunakannya di mana saja! Kalau kita menggunakan laptop sih tidak jadi masalah karena kita bisa membawanya kemana pun, namun jika hanya memiliki PC maka beberapa software favorit kita kadang tidak bisa kita akses dimana saja karena harus diinstall terlebih dahulu. Solusi untuk membawa software favorit kita dan menggunakannya di komputer manapun adalah dengan membuat software portable dengan bantuan software bernama WinRar.
Langkah pertama yang harus disiapkan adalah menginstall WinRar di komputer kita, selanjutnya pilih lokasi folder atau aplikasi yang ingin kita jadikan portable. Jika sudah, pilih semua file yang terdapat di folder aplikasi tersebut kemudian klik kanan dan pilih Add To Archive seperti layaknya kita mengarsipkan file menjadi ZIP atau RAR.
Membuat Software Portable
Membuat Software Portable
Bedanya, dalam membuat software portable kita melakukan beberapa settingan khusus sebagai berikut:
  • Pada menu Archving Option, beri tanda centang pada bagian “Create SFX Archives”
  • Pilih tab Advanced dan klik tombol SFX Options
  • Akan muncul jendela baru. Di kolom yang tersedia, masukkan nama file .exe dari software yang akan kita jadikan portable tersebut, kemudian klik OK
  • Selanjutnya masih di jendela baru, pilih tab Modes. Pada bagian Temporary Mode berikan tanda centang pada “Unpack to Temporary Folder”. Dan pada bagian Silent Mode berikan tanda centang pada “Hide All”.
  • Jika sudah, klik tombol oke sebanyak 2 kali, tunggu dan biarkan prosesnya berjalan hingga selesai.
  • Jika sudah, maka software portable tersebut sudah bisa diakses dan diaplikasikan di komputer manapun tanpa harus diinstall.

 analisa : artikel ini cocok untuk para pemula dalam membuat software yang akan bisa di  kembangkan dengan sendirinya,menurut saya banyak aplikasi ataupun artikel yang membantu dalam pembentukan software atau merancang software sendiri,penting untuk para pemula dalam membuat software


sumber :  http://idkomputer.us/2013/10/cara-membuat-software-portable-tutorial-singkat-dan-mudah/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar